fbpx

Menu

Mode Gelap

Berita · 12 Mar 2022 14:45 WIB ·

Bupati Berau Dorong Produksi Udang Windu Bisa Masuk Pasar Global


 Udang windu, salah satu komoditi yang berkontribusi dari sektor perikanan tangkap di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Ilustrasi)
Perbesar

Udang windu, salah satu komoditi yang berkontribusi dari sektor perikanan tangkap di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Ilustrasi)

HALONIAGA.COMBERAU – Potensi udang windu di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur begitu meyakinkan. Kondisi itu membuat Bupati Berau, Sri Juniarsih berharap pelaku usaha dan pihak terkait ikut menjembatani agar produksinya bisa masuk pasar global.

Bupati mengatakan, melalui pemanfaatan teknologi informasi, Pemkab Berau berharap udang windu yang tersertifikasi sehat dan ramah lingkungan, dapat masuk ke supermarket ternama di Indonesia dan diekspor ke berbagai belahan dunia.

“Untuk bisa menembus pasar ekspor melalui pemanfaatan teknologi informasi yang terus berkembang dewasa ini, tentu diperlukan dukungan dari banyak pihak, karena disadari keterbatasan jaringan oleh pelaku di Berau dalam merambah pasar global,” ucapnya melalui rilis yang diterima HALONIAGA.COM Kamis, (10/03/2022) lalu.

Bupati mengapresiasi langkah yang ditempuh oleh Dinas Perikanan dan Kelautan setempat karena telah memperkuat sistem informasi ketertelusuran produksi udang windu, sehingga melalui sistem ini dapat menjangkau seluruh belahan dunia.

Apalagi penguatan informasi ketertelusuran produksi udang windu tersebut menggandeng Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN), kemudian melibatkan Universitas Muhammadiyah Berau, Universitas Mulawarman Samarinda, dan PT Sarana Multi Infrastruktur.

Sri Juniarsih yang merupakan bupati perempuan pertama di Berau ini melanjutkan, Kabupaten Berau merupakan wilayah yang memiliki ekosistem mangrove terluas di Provinsi Kaltim, konsisten melakukan pembangunan hijau, sehingga untuk budi daya perikanan tambak pun harus memperhatikan keseimbangan lingkungan.

Artikel ini telah dibaca 86 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Festival Phinisi di Bulukumba Gaet 100 UMKM

15 September 2022 - 08:12 WIB

Atasi Inflasi, Airlangga Hartarto Sebut Punya 8 Cara

14 September 2022 - 21:03 WIB

Lagi, Bank Jateng Luncurkan Kredit Murah untuk UMKM dan Pedagang Tanpa Agunan

13 September 2022 - 12:50 WIB

Optimisme Perhutani Wujudkan Swasembada Gula

12 September 2022 - 21:59 WIB

Khofifah Goreng Onde-Onde Bo Liem , Kue Legendaris Mojokerto

12 September 2022 - 00:19 WIB

Soal Bawang Putih, Kemendag Diingatkan untuk Tidak Telat Impor

9 September 2022 - 05:37 WIB

Trending di Ekonomi