Menu

Mode Gelap

Berita · 6 Feb 2022 08:20 WIB

Daya Beli Lesu, 57 Ribu Rumah Siap Huni Belum ‘Sold Out’


 Kementerian PUPR Catat 57 Ribu rumah hunian tak laku karena lesunya daya beli masyarakat foto; (istimewa) Perbesar

Kementerian PUPR Catat 57 Ribu rumah hunian tak laku karena lesunya daya beli masyarakat foto; (istimewa)

HALONIAGA, Jakarta – Pandemi rupanya jadi dampak buruk bagi usaha properti. Berdasar catatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), ada sebanyak 57 ribuan rumah ready stock atau siap huni yang masih belum terjual atau ‘sold out’ dikarenakan kelesuan daya beli masyarakat.

“Berdasarkan data kami sampai dengan hari ini, terdapat 57.621 unit rumah ready stock yang belum terjual,” kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto dalam sebuah webinar, Jumat (4/2).

Iwan menjelaskan, daya beli yang lemah ternyata mempengaruhi minat dalam pembelian rumah. Sehingga penyerapan hunian rumah baru khususnya untuk rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sangat terdampak.

“Rumahnya tersedia, harga juga sesuai dengan cost-nya. Akan tetapi , ini diakibatkan daya beli masyarakat yang menurun pada situasi pandemi Covid-19,”ulasnya.

Tak hanya itu, kelesuan juga dipengaruhi oleh prioritas masyarakat yang berubah. Sebab, selama pandemi masyarakat cenderung lebih mengutamakan pembelian barang kebutuhan pokok dan alat-alat kesehatan dari para hunian.

“Perubahan inilah yang kemudian membuat masyarakat mengalihkan kebutuhan untuk keperluan lain serta kesehatan, sehingga untuk pembelian rumah menjadi berkurang,”tambahnya.

Masih kata Iwan, sejak pandemi melanda terjadi perubahan gaya hidup masyarakat yang mempengaruhi sektor ritel. Seperti yang tadinya berbelanja secara langsung ke pusat perbelanjaan beralih ke belanja online.

“Sektor ritel banyak berubah, misalnya mulai bergeser ke belanja online. Sektor kuliner dari yang punya restoran atau rumah makan, bergeser ke menggunakan aplikasi,”tandasnya. (drw)

Artikel ini telah dibaca 51 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Berpotensi, Bumdes Terus Kembangkan Wisata Kuliner Ikan Asap Probolinggo

18 May 2022 - 21:29 WIB

Kota Batu Raih Gelar Terbaik III Duta Aksi Dalam Rakerda HIPMI Jatim 2022

18 May 2022 - 08:26 WIB

HIPMI Optimis, UMKM di Jatim Tahun Depan Tembus Pasar Ekspor

16 May 2022 - 13:35 WIB

DEFEND ID Tebar 3000 Paket Sembako kepada Warga Bandung dan Subang

27 April 2022 - 13:04 WIB

Holding BUMN Industri Pertahanan (Indhan) DEFEND ID saat menyalurkan 3000 paket sembako kepada warga masyarakat di Kota Bandung dan Subang

Libatkan Senayan City, Biznet Gelar Sentra Vaksinasi Booster Gratis

17 March 2022 - 20:32 WIB

Kerjasama BUM Desa Dan Investor Dipermudah Dengan Gandeng BKPM

14 March 2022 - 18:30 WIB

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal saat MOU
Trending di Berita