Menu

Mode Gelap

Berita · 14 Feb 2022 19:00 WIB

Diawali Hobi, Guru di Manggarai Sukses Buka Usaha Butik


 Flaviana S. Paing, guru honorer di Kabupaten Manggarai saat berpose di butik Perbesar

Flaviana S. Paing, guru honorer di Kabupaten Manggarai saat berpose di butik "Nu Fashion" miliknya

HALONIAGA.COM, Manggarai – Memang tak sedikit, sukses berbisnis berawal dari hobi. Langkah itulah yang kini dialami Flaviana S. Paing, guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Indonesia Timur Ruteng, Kabupaten Manggarai, yang sukses membuka usaha butik.

Flaviana menuturkan, awalnya ia berjualan pakaian karena hobi fashion dan ingin mengisi waktu luang setelah pulang sekolah. Namun, seiring waktu, usahanya berkembang, sehingga ia kemudian bisa membuka butik di Mena, Kelurahan Compang Tuke, Kecamatan Langke Rembong.

“Saya memulai usaha ini karena saya hobi fashion,” kata Guru Honorer berusia 33 ini , Senin (14/02/2022).

ia memberi nama butiknya ‘Nu Fashion’, Flaviana menjual pakaian khusus wanita dewasa seperti baju, celana, jaket, kebaya, gaun, dan lainnya.

“Setiap minggu, saya selalu update koleksi terbaru,” ujarnya, sambil menambahkan bahwa ia memesan pakaian-pakaian tersebut di Jawa.

Lanjut Flaviana, ia menjual pakaian berkualitas baik dengan harga terjangkau. “Saya punya prinsip bisnis, harga terjangkau agar perputaran barang lebih cepat. Percuma kalau harganya tinggi kalau putaran barangnya lambat,” katanya.

Menurut dia, di era digital saat ini, tantangan terbesarnya ialah bersaing dengan toko-toko online. “Sekarang orang pada umumnya lebih tertarik belanja online lewat aplikasi merchant karena aksesnya mudah,” kata alumnus STIKES Widya Husada Semarang itu.

Kendati demikian, lanjutnya, ia tidak menyerah dan memilih untuk mempromosikan jualannya lewat media sosial seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram.

“Kendala lain selama ini saya merasakan sekali turunnya omzet akibat pandemi Covid-19,” ujarnya.

Flaviana mengatakan, selama ini, ia selalu membagi pengalaman bisnis tersebut dengan siswa-siswi di sekolahnya agar mereka termotivasi untuk berwirausaha.

“Supaya kalau mereka nanti selesai kuliah, tidak semata-mata berpikir untuk menjadi pegawai kantor. Ada jalan lain menuju sukses. Salah satunya adalah berbisnis,”pungkasnya. (drw)

Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Berpotensi, Bumdes Terus Kembangkan Wisata Kuliner Ikan Asap Probolinggo

18 May 2022 - 21:29 WIB

Kota Batu Raih Gelar Terbaik III Duta Aksi Dalam Rakerda HIPMI Jatim 2022

18 May 2022 - 08:26 WIB

HIPMI Optimis, UMKM di Jatim Tahun Depan Tembus Pasar Ekspor

16 May 2022 - 13:35 WIB

DEFEND ID Tebar 3000 Paket Sembako kepada Warga Bandung dan Subang

27 April 2022 - 13:04 WIB

Holding BUMN Industri Pertahanan (Indhan) DEFEND ID saat menyalurkan 3000 paket sembako kepada warga masyarakat di Kota Bandung dan Subang

Libatkan Senayan City, Biznet Gelar Sentra Vaksinasi Booster Gratis

17 March 2022 - 20:32 WIB

Kerjasama BUM Desa Dan Investor Dipermudah Dengan Gandeng BKPM

14 March 2022 - 18:30 WIB

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal saat MOU
Trending di Berita