fbpx

Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 29 Jul 2022 08:12 WIB ·

Dukung IKN, Korsel Bakal Investasi Senilai Rp 6,37 Dolar


 Penandatanganan kerja sama Indonesia dan Korsel pada pembangunan IKN (foto; Sekretariat Kabinet) Perbesar

Penandatanganan kerja sama Indonesia dan Korsel pada pembangunan IKN (foto; Sekretariat Kabinet)

HALONIAGA.COM ,Seoul – Lawatan Presiden Joko Widodo ke beberapa negara di Asia seperti China, Jepang hingga Korea Selatan berbuah hasil. Salah satunya, dukungan investasi pada pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, dengan total nilai 6,37 miliar dolar AS.

Jokowi mengatakan hal itu seusai bertemu Presiden Korea Selatan Yoon Sukyeol di Kantor Kepresidenan Yongsan, Seoul, Kamis (28/07/2022.

“Kita juga telah memulai kerja sama dalam pengembangan IKN Nusantara, antara lain pembangunan penyediaan sistem air minum dan capacity building dalam pembangunan smart city,” ucap Jokowi.

Jokowi menjelaskan dukungan Korsel dalam pembangunan di IKN juga dilakukan melalui penandatanganan nota kesepahaman kerja sama investasi antara PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) bersama Kementerian Investasi dengan Posco Korea.

Krakatau Steel dan Posco menyepakati investasi perluasan kapasitas produksi baja, terutama pada industri baja otomotif untuk kendaraan listrik, serta partisipasi Posco dalam pembangunan IKN Nusantara.

Investasi dari kerja sama tersebut diperkirakan 3,5 miliar dolar AS. Selain itu, Pemerintah Korea Selatan juga menyepakati pembangunan instalasi pengolahan limbah cair untuk IKN Nusantara.

“Nilai investasinya keseluruhan mencapai 6,37 miliar dolar AS dan akan menyerap lebih dari 58 ribu tenaga kerja,” kata Jokowi.

Berdasarkan keterangan resmi dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljhono kerja sama Indonesia-Korea Selatan juga mencakup pembangunan instalasi pemurnian air.

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Resmi Disahkan, Provinsi Jatim Punya Perda Desa Wisata

13 August 2022 - 12:51 WIB

Colabora Nite, Event Cafe yang Mengusung Ekonomi Kolaboratif dengan UMKM

13 August 2022 - 12:02 WIB

Sambut HUT RI, IM3 Hadirkan Paket Internet 100Gb

12 August 2022 - 10:46 WIB

Dongkrak Daya Saing, UMKM Kota Kediri Dibekali Pelatihan Fotografi

12 August 2022 - 07:52 WIB

Objek Wisata Alam Gunung Telomoyo Membuka “Pori-Pori” Ekonomi Warga

11 August 2022 - 15:50 WIB

Pengguna BRImo Meningkat , BRI Catatkan Fee-Based Income Rp724 miliar

11 August 2022 - 15:44 WIB

Trending di Ekonomi