Menu

Mode Gelap

Berita · 12 Mar 2022 18:13 WIB

Genjot Sektor UMKM, Pusat Oleh-oleh di Probolinggo Kembali Dibuka


 Pusat oleh-oleh 'Bolinggo', di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur akan kembali beroperasi
Perbesar

Pusat oleh-oleh 'Bolinggo', di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur akan kembali beroperasi

HALONIAGA.COM ,PROBOLINGGO – Pemkab Probolinggo terus berupaya untuk menggenjot sektor perekonomian UMKM. Salah satunya, kali memaksimalkan pusat oleh-oleh yang berada di rest area Tongas, yang kini dengan tampilan yang lebih variatif.

Pusat oleh-oleh ‘Bolinggo’ disebutnya, berada persis di rest area Tongas, Jalan Raya Tongas. Saat ini, pusat oleh-oleh tersebut tengah disiapkan untuk dibuka secara resmi oleh Pemkab Probolinggo, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Menurut Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo, Moh. Natsir, meninjau langsung kesiapan  pusat oleh-oleh Khas Probolinggo tersebut, Jumat, 11 Maret 2022 kemarin.

“Saat ini persiapan, nantinya pusat oleh-oleh ‘Bolinggo’ dibuka secara resmi, yang akan dikolaborasikan dengan sektor pariwisata. Alhamdulillah, sudah ada beberapa biro pariwisata yang ikut bekerjasama,” jelas Natsir Sabtu, 12 Maret 2022.

Lanjut Natsir, pusat oleh-oleh di lokasi tersebut sempat tutup beberapa bulan. Para pelaku UMKM juga berharap kembali dibuka, ia menilai momentum ini sangat pas ditengah kembalinya kepercayaan di tengah pandemi global.

Kondisi bangunan kini makin cantik dengan konsep yang lebih modern. Bahkan kata Natsir, sampai bulan Maret 2022 ini, pusat oleh-oleh ‘Bolinggo’ sudah menerima reservasi dari biro pariwisata dari luar Kabupaten Probolinggo.

Lanjut Natsir, daerah dari luar Kabupaten Probolinggo itu seperti Banyuwangi, Jawa Tengah dan juga tamu dari dalam Kabupaten Probolinggo sendiri, seperti Gili Ketapang dan Bromo.

Kondisi itu dinilai cukup strategis, pasalnya rest area Tongas berdekatan dengan jalur masuknya Tol atau termasuk akses ke Bromo, Sukapura melalui Lumbang. Termasuk ketika pengendara keluar exit tol Lumbang, akan dihadapkan dengan rest area Tongas.

Tak hanya itu, untuk mendukung dan meramaikan pusat oleh-oleh ‘Bolinggo’, Disperindag juga akan merencanakan beberapa kegiatan, seperti Workshop batik, Workshop pembuatan pernak pernik, Workshop pembuatan makanan minuman khas Probolinggo dan lainnya.

“Yang tak kalah penting, nantinya pusat oleh-oleh ‘Bolinggo’, nantinya akan dilengkapi dengan café mini yang menyediakan makanan dan minuman. Sehingga para pengendara juga isa menikmati makanan minuman, hal ini kami maksimalkan untuk pelayanan optimal,” tandasnya.

Ia berharap, semua tamu yang masuk ke Rest Area Tongas, mendapatkan apa yg mereka butuhkan. Selain itu rest area Tongas bisa menjadi tempat transit ternyaman dengan fasilitas terlengkap. (drw)

Artikel ini telah dibaca 41 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Berpotensi, Bumdes Terus Kembangkan Wisata Kuliner Ikan Asap Probolinggo

18 May 2022 - 21:29 WIB

Kota Batu Raih Gelar Terbaik III Duta Aksi Dalam Rakerda HIPMI Jatim 2022

18 May 2022 - 08:26 WIB

HIPMI Optimis, UMKM di Jatim Tahun Depan Tembus Pasar Ekspor

16 May 2022 - 13:35 WIB

DEFEND ID Tebar 3000 Paket Sembako kepada Warga Bandung dan Subang

27 April 2022 - 13:04 WIB

Holding BUMN Industri Pertahanan (Indhan) DEFEND ID saat menyalurkan 3000 paket sembako kepada warga masyarakat di Kota Bandung dan Subang

Libatkan Senayan City, Biznet Gelar Sentra Vaksinasi Booster Gratis

17 March 2022 - 20:32 WIB

Kerjasama BUM Desa Dan Investor Dipermudah Dengan Gandeng BKPM

14 March 2022 - 18:30 WIB

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal saat MOU
Trending di Berita