Menu

Mode Gelap

Berita · 16 May 2022 13:35 WIB

HIPMI Optimis, UMKM di Jatim Tahun Depan Tembus Pasar Ekspor


 HIPMI Jatim optimistis UMKM bakal tembus pasar ekspor. Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak saat memukul gong didampingi Ketua Umum BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jatim Rois Sunandar Perbesar

HIPMI Jatim optimistis UMKM bakal tembus pasar ekspor. Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak saat memukul gong didampingi Ketua Umum BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jatim Rois Sunandar

HALONIAGA.COM, Surabaya – Ketua Umum BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jatim Rois Sunandar Maming mengatakan, tahun depan produk-produk UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) binaaan Hipmi akan menembus pasar ekspor.

“Akhir-akhir ini kami gencar melakukan kunjungan ke sejumlah negara dan ikut misi dagang untuk melakukan promosi dan penjajakan pasar seperti Uni Emirat Arab, Amerika Serikat dan Singapura yang siap menerima produk-produk UMKM Jawa Timur,” kata Rois Maming pada pembukaan Rakerda BPD Hipmi Jatim 2022 di Surabaya, Sabtu (14/5/2022).

Rois menuturkan, baru-baru ini dirinya melakukan kunjungan ke Dubai, Amerika Serikat dan Singapura. Dari kunjungan tersebut diketahui bahwa mereka siap menerima produk-produk dari UMKM di Jatim.

Rois Maming menjelaskan, untuk ekspor produk Jatim ke negara-negara tersebut masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan. Salah satunya, produk UMKM yang diekspor itu harus memenuhi standar negara tujuan eskpor.

“Karena itu Hipmi Jatim berencana membentuk PT untuk menyaring produk-produk UMKM dari Jatim. Selain itu Hipmi juga akan mengumpulkan merek dagang yang bisa memenuhi syarat dan lolos kirim ke luar negeri,” jelas Ros Maming.

Saat ini, tambah Rois Maming, ekspor produk UMKM ke negara-negara tersebut belum bisa dilakukan. “Tahun ini kita fokus pada penampilan produk-produk, perbaikan lainnya untuk memenuhi kebutuhan negara-negara tujuan ekspor. Tahun ini kita kuatkan pasar dalam negeri dan tahun depan kita siapgo international,” tambahnya.

Terkait penguatan pasar dalam negeri, kata Rois Maming, Hipmi Jatim juga ikut misi dagang Pemprov Jatim ke beberapa provinsi, seperti ke Palu di Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Rencananya, pada 24 Mei mendatang Hipmi Jatim juga akan mengikuti misi dagang Jatim ke Bangka Belitung.

“Seperti di Bangka Belitung, orang tidak harus melulu makanan, tapi juga produk non-makanan dan ini menjadi peluang produk UMKM Jatim untuk bisa dipasarkan di provinsi lain di Indonesia,” tandasnya.

Rois Maming menambahkan, Hipmi Jatim siap menyumbang tenaga dan pemikiran untuk pemulihan ekonomi. Saat ini seluruh anggota melakukan gerak cepat pemulihan ekonomi.

“BPD Jatim siap mempercepat pemulihan ekonomi dengan mengajakseluruhstakeholder. Kita mengakselerasi teman-teman di daerah untuk meningkatkan daya saing produknya,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekjen DPP Hipmi Bagas Adhadirgha mengapresiasi Hipmi Jatim sebagai salah satu DPD paling aktif di Indonesia.

“Ini menjadi bukti Ketum Maming (Rois Sunandar Maming) mampu membangkitkan semangat kewirausahaan di era pandemi ini,” tutur Bagas.

Menurut Bagas, Hipmi bisa disebut sebagai pahlawan ekonomi karena ikut membangkitkan ekonomi di masa pandemi. Menurut data BPS, jumlah wirausaha di Indonesia sejumlah 3,1% dari jumlah penduduk.

“Sementara dari perhitungan HIPMIHipmi, butuh 14% dari seluruh penduduk Indonesia untuk menjadi negara maju. Karena itu dibutuhkan event-event untuk bisa menggairahkan minat anak muda di bidang enterpreneur,” pungkasnya. (Drw)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Berpotensi, Bumdes Terus Kembangkan Wisata Kuliner Ikan Asap Probolinggo

18 May 2022 - 21:29 WIB

Kota Batu Raih Gelar Terbaik III Duta Aksi Dalam Rakerda HIPMI Jatim 2022

18 May 2022 - 08:26 WIB

DEFEND ID Tebar 3000 Paket Sembako kepada Warga Bandung dan Subang

27 April 2022 - 13:04 WIB

Holding BUMN Industri Pertahanan (Indhan) DEFEND ID saat menyalurkan 3000 paket sembako kepada warga masyarakat di Kota Bandung dan Subang

Libatkan Senayan City, Biznet Gelar Sentra Vaksinasi Booster Gratis

17 March 2022 - 20:32 WIB

Kerjasama BUM Desa Dan Investor Dipermudah Dengan Gandeng BKPM

14 March 2022 - 18:30 WIB

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal saat MOU

Dongkrak Ekonomi, Walikota Semarang Rintis Kawasan Wisata Aglomerasi

12 March 2022 - 20:18 WIB

Walikota Semarang, Hendrar Pribadi saat menggelar pertemuan dengan pengusaha hotel di Kota Semarang beberapa waktu lalu.
Trending di Berita