Menu

Mode Gelap

Berita · 24 Jan 2022 18:14 WIB

Hore! Usaha Ultra Mikro dan Mikro Bakal Dapat Subsidi Bunga Kredit


 Hore! Usaha Ultra Mikro dan Mikro Bakal Dapat Subsidi Bunga Kredit Perbesar

HALONIAGA.COM SURABAYA – Tahun ini, Pemprov Jawa Timur bakal menyiapkan format pinjaman atau kredit dengan subsidi bunga melalui Bank UMKM Jatim bagi para pelaku usaha ultra mikro dan mikro. Prosesnya, saat ini masih tengah dikomunikasikan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, format pemberian kredit bagi pelaku usaha ultra mikro dan mikro ini memiliki platform maksimal pinjaman sebesar Rp10 juta. Selain itu, bunga yang harus dibayarkan hanya 3%/tahun.

“Nantinya, nasabah hanya membayar bunga sebesar3 persen per tahun karena itu sudah disubsidi Pemprov Jatim yang diambilkan dari APBD Pemprov Jatim,”jelasnya melalui rilis, yang dikutip HALONIAGA.COM, Senin (17/1/2022).

Pihaknya berharap, program kredit itu dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat di sektor ultra mikro yang selama ini tidak bankable atau tidak memiliki akses perbankan. Saat ini, tengah proses komunikasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tak hanya itu, Pemprov Jatim juga berkomitmen memperkuat peran perempuan di sektor ekonomi dengan memberikan zakat produktif bagi perempuan pelaku usaha  mikro atau ultra mikro di Jatim. Zakat produktif yang diberikan kepada pelaku usaha ultra mikro ini yakni sebesar Rp500.000/orang.

“Penyaluran zakat produktif bagi pengusaha ultra mikro, terutama yang berjualan di pasar tradisional dan kaki lima  bertujuan agar mereka tidak terjerat rente. Sehingga bisa terus berkegiatan ekonomi,”tambahnya.

Pemberian zakat produktif tersebut, diharapkan bisa menjadi bagian dari penguatan pertumbuhan ekonomi. Khususnya dengan sasaran di lini paling bawah yaitu ultra mikro yang membutuhkan penguatan permodalan.

Pihaknya pun mengajak seluruh pihak  membangun sinergitas untuk membantu kebangkitan pelaku usaha ultra mikro dan mikro melalui penguatan bantalan ekonomi. Sehingga diharapkan akan ada kemandirian para pelaku usaha ultra mikro dan mikro yang pada akhirnya menjadi penguatan kebangkitan ekonomi secara nasional.

“Bapak ibu harus semangat. Ini sudah di penghujung tahun 2021. Mudah-mudahan tahun 2022 panjenengan Allah anugerahkan suasana yang terus membahagiakan kita semua, sehat, rejeki berlimpah  barokah dan umur yang panjang sehat,” katanya yang langsung diamini para hadirin. (Red)

Artikel ini telah dibaca 52 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Berpotensi, Bumdes Terus Kembangkan Wisata Kuliner Ikan Asap Probolinggo

18 May 2022 - 21:29 WIB

Kota Batu Raih Gelar Terbaik III Duta Aksi Dalam Rakerda HIPMI Jatim 2022

18 May 2022 - 08:26 WIB

HIPMI Optimis, UMKM di Jatim Tahun Depan Tembus Pasar Ekspor

16 May 2022 - 13:35 WIB

DEFEND ID Tebar 3000 Paket Sembako kepada Warga Bandung dan Subang

27 April 2022 - 13:04 WIB

Holding BUMN Industri Pertahanan (Indhan) DEFEND ID saat menyalurkan 3000 paket sembako kepada warga masyarakat di Kota Bandung dan Subang

Libatkan Senayan City, Biznet Gelar Sentra Vaksinasi Booster Gratis

17 March 2022 - 20:32 WIB

Kerjasama BUM Desa Dan Investor Dipermudah Dengan Gandeng BKPM

14 March 2022 - 18:30 WIB

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal saat MOU
Trending di Berita