Menu

Mode Gelap

Berita · 10 Mar 2022 21:16 WIB

Indonesia CSR Excellence Award Digelar, 40 Perusahaan Peroleh Penghargaan


 Ajang Indonesia CSR Excellence Award (ICEA) (Istimewa)
Perbesar

Ajang Indonesia CSR Excellence Award (ICEA) (Istimewa)

HALONIAGA.COM , Jakarta – Meski tengah pandemi COVID-19, ajang Indonesia CSR Excellence Award (ICEA) tahun ini tetap digelar. Penghargaan diberikan kepada perusahaan yang menjalankan tanggung jawab sosial (CSR).

“Kita berharap program CSR ke depan dapat mendorong transformasi menuju masyarakat digital,” kata Ketua Penyelenggara ICEA 2022, Maya, melalui keterangan tertulis, Kamis, (10/03/2022).

Ajang ini juga diharapkan bisa menumbuhkan kembali sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terpuruk di era pandemi Covid-19.

“Kita juga mengharapkan munculnya perusahaan-perusahaan hebat di Indonesia yang memiliki program unggulan yang inovatif dan berkelanjutan dengan menerapkan prinsip-prinsip ISO 26000 (standar global pelaksanaan CSR), SDGs (tujuan pembangunan berkelanjutan), dan GCG (tata kelola perusahaan yang baik),” kata Maya.

ICEA 2022 diikuti lebih dari 200 perusahaan. Baik itu perusahaan badan usaha milik negara (BUMN), badan usaha milik daerah (BUMD), perusahaan swasta nasional, dan perusahaan multinasional. Dari jumlah itu, panitia kemudian menyeleksinya menjadi 100 perusahaan finalis.

Ada beberapa syarat Plpenilaian CSR didasarkan pada keterkaitan CSR terhadap 3 hal yakni: 1) ISO 26000, 2), (SDGs 3), Praktek Good Corporate Governance (GCG) dengan tujuan Memetakan Persoalan dan Tantangan yang dihadapi melalui leadership yg tepat & komunikasi organisasi dengan persepsi menyiapkan sistem terbaru untuk inovasi kontribusi social.

Tujuannya, sebagai bentuk pengembangan jangka pendek dan jangka menengah serta aspek edukasi yang nantinya dapat diterapkan pada aplikasi teknologi digital secara konsisten & Konsekwen yang dapat membantu membangun citra positif perusahaan sejalan dengan  Presidency G20 dengan Tema Recover Together, Recover Stronger.

“Dan setelah melewati  proses penilaian, termasuk penilaian melalui wawancara penjurian, dewan juri menetapkan 40 perusahaan penerima penghargaan ICEA 2022,” ucap Maya.

Dewan Juri ICEA 2022 mayoritas berasal dari kalangan akademisi. Hal ini agar banyak ide serta masukan yang membangun dengan tujuan menjadikan perusahaan peserta menjadi perusahaan terbaik dalam tata kelola perusahaan yang baik.

Acara ini juga didukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). KLHK berharap perusahaan serius mengembangkan CSR yang berkelanjutan serta membangun masyarakat dengan kemandiriannya pada bidang planet, people, and Profit (3P).

Sosialisasi juga dilakukan oleh Kordinator TJSL Kementerian BUMN serta Executive Talks sehingga dapat menjadi nilai tambah lainnya dan motivasi kepada semua peserta ICEA 2022 untuk terus melakukan kegiatan CSR yang inovatif sehingga memberikan dampak yang luas bagi masyarakat di sekitar wilayah perusahaan peserta. (drw)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

J99 Foundation Serahkan Bantuan Mobil Operasional untuk PMI Kabupaten Probolinggo

10 June 2022 - 21:36 WIB

Juragan 99 (J99) Foundation serahkan mobil operasional UDD untuk PMI Kabupaten Probolinggo

Berpotensi, Bumdes Terus Kembangkan Wisata Kuliner Ikan Asap Probolinggo

18 May 2022 - 21:29 WIB

Kota Batu Raih Gelar Terbaik III Duta Aksi Dalam Rakerda HIPMI Jatim 2022

18 May 2022 - 08:26 WIB

HIPMI Optimis, UMKM di Jatim Tahun Depan Tembus Pasar Ekspor

16 May 2022 - 13:35 WIB

Gandeng Kemenparekraf, Juragan 99 Berangkatkan 450 Peserta Mudik Gratis

30 April 2022 - 14:33 WIB

DEFEND ID Tebar 3000 Paket Sembako kepada Warga Bandung dan Subang

27 April 2022 - 13:04 WIB

Holding BUMN Industri Pertahanan (Indhan) DEFEND ID saat menyalurkan 3000 paket sembako kepada warga masyarakat di Kota Bandung dan Subang
Trending di Berita