Menu

Mode Gelap

Berita · 18 Feb 2022 12:31 WIB

Inovasi Sujarwo, Kawin Silang Tanaman Keladi Berbuah Manis


 Sujarwo warga Kediri, saat menunjukkan tanaman hias keladi miliknya Perbesar

Sujarwo warga Kediri, saat menunjukkan tanaman hias keladi miliknya

HALONIAGA.COM, Kediri – Hobi yang sudah mendarah daging apalagi positif terkadang berbuah bisnis. Langkah itulah yang dilakukan Sujarwo, warga Desa Janti, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Di tangan Sujarwo, tanaman hias keladi ia silang sehingga membuat kolektor tertarik membeli.

Tanaman hias keladi atau Caladium, merupakan tanaman dari suku talas-talasan yang sudah sejak dulu populer sebagai tanaman hias. Tanaman hias satu ini memiliki corak warna yang cantik serta beragam. Atas dasar itulah, banyak masyarakat pada akhirnya menjatuhkan pilihan untuk memelihara tanaman hias jenis satu ini.

Harga tanaman hias keladi sendiri cukup bervariasi. Mulai dari puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah, tergantung dari unik serta cantiknya corak warna yang terdapat pada daun keladi.

Sujarwo menuturkan, ia menekuni bisnis secara serius tanaman hias ini di tahun 2018. Itu pun tak lepas dari sebuah hobi terhadap tanaman hias sejak kecil.

“Dari dulu memang suka tanaman, sempat main kamboja dan aglonema. Tapi itu sulit dan lebih mudah ke keladi,” kata Sujarwo, Jumat (19/02/2022).

Dalam sebulan , Sujarwo mampu menjual kurang lebih 50 bibit tanaman hias keladi, mulai dari harga murah hingga jutaan rupiah. Selain itu juga tergantung tingkat keunikan tanaman.

“Biasanya yang membeli memang kebanyakan dari kolektor. Setelah saya posting akun medsos, pasti banyak yang berniat untuk beli. Sedangkan untuk harga tidak bisa kita tetapkan, tergantung kolektor juga,”tambahnya.

Beberapa tanaman keladi miliknya tergolong sulit dicari. Diantaranya, tanaman hias keladi jenis Cleo Patra, Keladi Lembu Kenanga, Keladi Semar Mesem dan Keladi Kanaya.

Mereka yang memburu tanaman Sujarwo tak hanya warga lokal, mereka mulai dari Pulau Jawa hingga Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Untuk pemasaran memang lebih intens dilakukan secara online, namun tidak jarang pembeli langsung datang ke galerinya dengan nama Arjawari.

Galerinya menjual bibit dan tanaman keladi remaja yang tergolong langka atau jarang ditemukan di pasaran seharga Rp 750 ribu sampai Rp 2 juta. Sedangkan untuk bibit dan tanaman keladi yang umum di pasaran, dijual dengan harga Rp 25 ribu hingga Rp 500 ribu.

“Untuk keladi jenis baru, saya biasa jual bibitnya. Kira-kira satu bulan 100 pohon bisa terjual, dari berbagai jenis dan ukuran mulai yang murah sampai yang mahal,”pungkasnya. (drw)

Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Berpotensi, Bumdes Terus Kembangkan Wisata Kuliner Ikan Asap Probolinggo

18 May 2022 - 21:29 WIB

Kota Batu Raih Gelar Terbaik III Duta Aksi Dalam Rakerda HIPMI Jatim 2022

18 May 2022 - 08:26 WIB

HIPMI Optimis, UMKM di Jatim Tahun Depan Tembus Pasar Ekspor

16 May 2022 - 13:35 WIB

DEFEND ID Tebar 3000 Paket Sembako kepada Warga Bandung dan Subang

27 April 2022 - 13:04 WIB

Holding BUMN Industri Pertahanan (Indhan) DEFEND ID saat menyalurkan 3000 paket sembako kepada warga masyarakat di Kota Bandung dan Subang

Libatkan Senayan City, Biznet Gelar Sentra Vaksinasi Booster Gratis

17 March 2022 - 20:32 WIB

Kerjasama BUM Desa Dan Investor Dipermudah Dengan Gandeng BKPM

14 March 2022 - 18:30 WIB

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal saat MOU
Trending di Berita