Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 10 Feb 2022 14:20 WIB

Kadin Jatim Optimis Ekonomi Stabil Meski Badai Omicron Melanda


 Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, Adik Dwi Putranto Perbesar

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, Adik Dwi Putranto

HALONIAGA.COM, Surabaya – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, Adik Dwi Putranto begitu optimis kalau gelombang ketiga Covid-19 varian Omicron yang mulai merambah Jawa Timur bisa diatasi. Terlebih lagi pihaknya yakin tak mengganggu stabilitas ekonomi dalam negeri.

Pihaknya menegaskan, saat ini pemerintah dan industri serta masyarakat luas lebih siap karena telah memiliki pengalaman dalam mengatasi badai kedua Covid-19 varian Delta beberapa waktu yang lalu.

“Saya yakin tidak akan berdampak besar dan akan bisa teratasi karena kita sudah memiliki pengalaman di kasus varian Delta. Industri juga sudah lebih siap. Apalagi pemberian vaksin juga terus dijalankan, pemberian vaksin dosis 1 dan 2 beberapa daerah di Jawa Timur juga sudah mencapai 100 persen dan mulai berlomba memberikan vaksin booster,” ujar Adik di Surabaya, Rabu (9/2/2022), seperti dalam siaran pers yang diterima HALONIAGA.COM.

Misalnya saja di Surabaya, pemberian vaksin dosis 1 dan 2 sudah mencapai 100 persen dan untuk saat ini seluruh elemen tengah berpacu memberikan vaksin booster kepada masyarakat, mulai dari pemerintah, TNI dan Polri hingga industri.

“Tentunya kita langsung bergerak bersama memerangi Covid-19. Kondisi ini sangat berbeda saat varian Delta mulai merebak kemarin. Di awal hanya pemerintah yang mengadakan, baru kemudian di akhir banyak elemen lain yang ikut,”ujarnya.

Tak hanya itu, industri saat ini juga telah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, termasuk dengan melalukan tes antigen secara berkala, sehingga mereka bisa minimalisir tingkat penyebaran.

“Mereka juga bisa lebih melokalisir, sehingga ketika ada satu pegawai yang terkena, tidak semua karyawan diliburkan dan industri tutup. Industri yang orientasi ekspor juga masih beroperasi 100 persen,”tambahnya.

Berdasarkan kondisi itu, Adik sangat optimistis gelombang ketiga Covid-19 ini tidak akan mengancam ekonomi Indonesia hingga mengganggu target pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

“Masih sangat optimistis jika target ekonomi kita sebesar 5 persen di tahun 2022 bakal tercapai. Terlebih dengan melihat pencapaian pertumbuhan ekonomi di 2021 kemarin yang menurut saya masih on the track, karena target Jatim kan sebesar 3,5 persen hingga 4 persen. Dan ternyata benar, pertumbuhan ekonomi kita di 2021 mencapai 3,57 persen, padahal di 2021 ada gelombang kedua kasus Covid varian Delta. Dan kita semua tahu bagaimana ganasnya varian tersebut,”tandasnya. (drw)

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kerjasama BUM Desa Dan Investor Dipermudah Dengan Gandeng BKPM

14 March 2022 - 18:30 WIB

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal saat MOU

Dongkrak Ekonomi, Walikota Semarang Rintis Kawasan Wisata Aglomerasi

12 March 2022 - 20:18 WIB

Walikota Semarang, Hendrar Pribadi saat menggelar pertemuan dengan pengusaha hotel di Kota Semarang beberapa waktu lalu.

Meski Minyak Dunia Naik, Pertamina Pastikan Harga Pertalite Tak Ikut Naik

12 March 2022 - 14:49 WIB

Pertamina pastikan tak ikut naikkan harga Pertalite kendati harga minyak mentah dunia naik

Bupati Berau Dorong Produksi Udang Windu Bisa Masuk Pasar Global

12 March 2022 - 14:45 WIB

Udang windu, salah satu komoditi yang berkontribusi dari sektor perikanan tangkap di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Ilustrasi)

Menparekraf Dorong UMKM Kuliner Pontianak Naik Kelas

12 March 2022 - 10:03 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau produk UMKM kuliner di Kota Pontianak (foto; Kemenparekraf)

Ketua DPR RI Ingatkan, Kelangkaan Minyak Goreng Bisa Timbulkan Kegaduhan

11 March 2022 - 19:28 WIB

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani
Trending di Berita