fbpx

Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 5 Sep 2022 14:33 WIB ·

Keterpaksaan Warga Kudus Budidaya Melon, Berujung Manis


 Warga Kudus, Deni saat  menunjukkan melon hasil budi dayanya Perbesar

Warga Kudus, Deni saat menunjukkan melon hasil budi dayanya

HALONIAGA.COM , Kudus – Deni Saputra (31) tampak sibuk memandu pengunjung yang datang di agro wisata Muria Farm, Desa Besito, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Dengan telaten ia menjelaskan berbagai jenis melon kepada mereka sambil mengajari cara memetik buah berwarna hijau itu.

Memandu pengunjung merupakan salah satu aktivitas hariannya di usaha pertanian tersebut. Dari bisnis tanaman itu pula, pandangan hidup deni berubah yang darinya terpaksa akhirnya malah jadi ladang cuan.

Sebelum besar dengan Muria Farm, dulu ia sempat terpaksa menekuni hidroponik mengikuti kakaknya. Hal itu lantaran dirinya masih bekerja sebagai kepala bengkel dan belum mengetahui ilmu tentang pertanian.

“Awalnya terpaksa pas ikut kakak, karena saat itu masih bekerja jadi kepala bengkel. Tapi kakak saya gagal, terus lihat alat terbengkalai saya lanjutkan saja, coba-coba di belakang rumah terus besar sampai sekarang,” ucapnya, Senin (05/09/2022).

Menekuni hidroponik sejak 2012, saat itu Deni mengalami kesulitan karena keterbatasan ilmu dan informasi. Ia kemudian mencari beberapa relasi dan mengunjungi pertanian hidroponik di Semarang dan Yogyakarta.

“Awal-awal pertama merintis yang pertama kan ilmunya yang susah, karena belum banyak yang tahu ilmu hidroponik dari pupuknya, perawatannya, cara-cara hidroponik belum banyak tersebar luas lah, jadi kita belajar sendiri kita coba,” imbuhnya.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Festival Phinisi di Bulukumba Gaet 100 UMKM

15 September 2022 - 08:12 WIB

Atasi Inflasi, Airlangga Hartarto Sebut Punya 8 Cara

14 September 2022 - 21:03 WIB

Optimisme Perhutani Wujudkan Swasembada Gula

12 September 2022 - 21:59 WIB

Khofifah Goreng Onde-Onde Bo Liem , Kue Legendaris Mojokerto

12 September 2022 - 00:19 WIB

Soal Bawang Putih, Kemendag Diingatkan untuk Tidak Telat Impor

9 September 2022 - 05:37 WIB

Atasi Dampak Kenaikan BBM, Artha Graha Peduli Bagikan Bantuan Tunai dan Sembako

9 September 2022 - 05:33 WIB

Trending di CSR