fbpx

Menu

Mode Gelap

Berita · 28 Jan 2022 19:12 WIB ·

Kiat Pemerintah RI Pecut Talenta Digitalisasi Demi UMKM


 Kiat Pemerintah RI Pecut Talenta Digitalisasi Demi UMKM Perbesar

HALONIAGA.COM-JAKARTA-Pemerintah berkomitmen untuk terus mengembangkan talenta digital dan digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui Gerakan Nasional Literasi Digital dengan target masyarakat umum, Digital Talent Scholarship dengan target pekerja level teknisi dan profesional, serta Digital Leadership Academy dengan target praktisi tingkat pimpinan (sektor publik dan swasta).

“Gerakan Nasional Literasi Digital, Digital Talent Scholarship, serta Digital Leadership Academy. Pemerintah juga terus mendorong digitalisasi agar UMKM bisa naik kelas,” tegas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga hartarto dalam acara Media Group Network (MGN) Summit 2022 yang digelar secara hybrid, Kamis, 27 Januari 2022.

Selain itu, pemerintah juga memberikan berbagai dukungan lainnya kepada UMKM. Di antaranya dengan mengeluarkan kebijakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di masa pandemi dengan mengurangi beban debitur KUR, memberikan tambahan subsidi atau margin KUR, serta penundaan angsuran pokok dan relaksasi KUR.

Selanjutnya, Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). Bantuan sebesar Rp2,4 juta per pelaku usaha ini diberikan kepada usaha ultra mikro yang tidak sedang menerima kredit dari perbankan.

Kemudian subsidi bunga atau margin non KUR. Subsidi bunga atau margin diberikan kepada para pelaku usaha yang usahanya terdampak pandemi covid-19 dengan kriteria plafon kredit maksimal Rp10 miliar, tidak termasuk dalam Daftar Hitam Nasional, performing loan lancer, serta memiliki NPWP.

Lalu ada penempatan dana atau penempatan uang negara. Program ini menempatkan dana pemerintah pada Bank Umum Mitra dengan jangka waktu maksimal enam bulan. Remunerasi atas penempatan dana tersebut berupa bunga atau imbal hasil minimal tingkat bunga Repo Bank Indonesia (BI) tenor tiga bulan dikurangi satu persen.

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Festival Phinisi di Bulukumba Gaet 100 UMKM

15 September 2022 - 08:12 WIB

Lagi, Bank Jateng Luncurkan Kredit Murah untuk UMKM dan Pedagang Tanpa Agunan

13 September 2022 - 12:50 WIB

Melihat Cara Pertamina Bantu 455 UMKM Binaan Agar Go Global

12 September 2022 - 00:23 WIB

Khofifah Goreng Onde-Onde Bo Liem , Kue Legendaris Mojokerto

12 September 2022 - 00:19 WIB

Potensi Besar, Budidaya Rumput Laut Kabupaten Lingga Dimaksimalkan Pokdakan

8 September 2022 - 15:58 WIB

Pemkab Kediri Siapkan Subsidi Rp 100 M bagi Warga Terdampak Kenaikan Harga BBM

6 September 2022 - 10:01 WIB

Trending di Berita