fbpx

Menu

Mode Gelap

Berita · 8 Feb 2022 16:12 WIB ·

Kreatifitas Warga Cirompang, Manfaatkan Sungai Untuk Budidaya Ikan Mas


 Sungai di Desa Cirompang, digunakan warga untuk budidaya ikan mas Perbesar

Sungai di Desa Cirompang, digunakan warga untuk budidaya ikan mas

HALONIAGA.COM, Lebak – Warga Kampung Muhara, Desa Cirompang, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak begitu kreatif dengan memanfaatkan Sungai Cirompang untuk budidaya ikan mas. Hal itu tak biasa dilakukan orang pada umumnya dengan menggunakan balong atau empang.

Di Kabupaten Lebak cara budidaya ikan mas di sungai yang dilakukan masyarakat dengan cara di keramba baru ditemui di Kampung Muhara, Desa Cirompang. Masyarakat menyebut selain memiliki nilai ekonomi tinggi, ikan mas yang dibudidayakan di sungai tersebut terlihat bersih.

Inovasi warga yang memanfaatkan aliran sungai menjadi tempat wirausaha mendapat apresiasi Pemerintah Desa setempat. Budidaya ikan di sungai juga memiliki daya tarik untuk dijadikan wisata menghilangkan kepenatan dan mengembangkan ikan lokal.

Kepala Desa Cirompang Madsoleh mengapresiasi masyarakatnya yang memiliki inovasi dengan memanfaatkan sungai untuk mengembangkan budidaya ikan lokal berupa ikan mas. Ia berharap, untuk kelestarian dan meningkatkan ekonomi masyarakat di desanya pemerintah bisa melirik dengan memberikan program bibit ikan mas kepada masyarakat.

Melihat kondisi yang ada, Madsoleh merasa optimis pengembangan ikan mas di sungai Cirompang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga masyarakat Desa Cirompang bisa mandiri dalam sisi ekonomi.

“Saya berharap pemerintah bisa melirik budidaya ikan mas di sungai yang dilakukan masyarakat Desa Cirompang. Dilihat dari potensi, budidaya ikan seperti ini menjanjikan untuk meningkatkan ekonomi yang dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat,”ulasnya, Selasa, (08/02/2022).

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Festival Phinisi di Bulukumba Gaet 100 UMKM

15 September 2022 - 08:12 WIB

Atasi Inflasi, Airlangga Hartarto Sebut Punya 8 Cara

14 September 2022 - 21:03 WIB

Lagi, Bank Jateng Luncurkan Kredit Murah untuk UMKM dan Pedagang Tanpa Agunan

13 September 2022 - 12:50 WIB

Optimisme Perhutani Wujudkan Swasembada Gula

12 September 2022 - 21:59 WIB

Khofifah Goreng Onde-Onde Bo Liem , Kue Legendaris Mojokerto

12 September 2022 - 00:19 WIB

Soal Bawang Putih, Kemendag Diingatkan untuk Tidak Telat Impor

9 September 2022 - 05:37 WIB

Trending di Ekonomi