Menu

Mode Gelap

Berita · 8 Feb 2022 16:12 WIB

Kreatifitas Warga Cirompang, Manfaatkan Sungai Untuk Budidaya Ikan Mas


 Sungai di Desa Cirompang, digunakan warga untuk budidaya ikan mas Perbesar

Sungai di Desa Cirompang, digunakan warga untuk budidaya ikan mas

HALONIAGA.COM, Lebak – Warga Kampung Muhara, Desa Cirompang, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak begitu kreatif dengan memanfaatkan Sungai Cirompang untuk budidaya ikan mas. Hal itu tak biasa dilakukan orang pada umumnya dengan menggunakan balong atau empang.

Di Kabupaten Lebak cara budidaya ikan mas di sungai yang dilakukan masyarakat dengan cara di keramba baru ditemui di Kampung Muhara, Desa Cirompang. Masyarakat menyebut selain memiliki nilai ekonomi tinggi, ikan mas yang dibudidayakan di sungai tersebut terlihat bersih.

Inovasi warga yang memanfaatkan aliran sungai menjadi tempat wirausaha mendapat apresiasi Pemerintah Desa setempat. Budidaya ikan di sungai juga memiliki daya tarik untuk dijadikan wisata menghilangkan kepenatan dan mengembangkan ikan lokal.

Kepala Desa Cirompang Madsoleh mengapresiasi masyarakatnya yang memiliki inovasi dengan memanfaatkan sungai untuk mengembangkan budidaya ikan lokal berupa ikan mas. Ia berharap, untuk kelestarian dan meningkatkan ekonomi masyarakat di desanya pemerintah bisa melirik dengan memberikan program bibit ikan mas kepada masyarakat.

Melihat kondisi yang ada, Madsoleh merasa optimis pengembangan ikan mas di sungai Cirompang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga masyarakat Desa Cirompang bisa mandiri dalam sisi ekonomi.

“Saya berharap pemerintah bisa melirik budidaya ikan mas di sungai yang dilakukan masyarakat Desa Cirompang. Dilihat dari potensi, budidaya ikan seperti ini menjanjikan untuk meningkatkan ekonomi yang dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat,”ulasnya, Selasa, (08/02/2022).

Namun begitu kata Madsoleh, budidaya ikan mas di sungai Cirompang ini memiliki resiko yang cukup tinggi jika musim penghujan tiba. Sebab kata dia, jika musim penghujan sungai Cirompang tersebut kerap kali meluap. Dijelaskan Soleh, sedikitnya ada sekitar 20 masyarakat yang melakukan budidaya ikan mas di sungai Cirompang.

“Ada sekitar 20 an masyarakat. Budidaya ikan mas di sungai memang memiliki resiko tinggi karena air sungai itu sering kali meluap jika musim hujan. Tetapi dengan keramba ikan yang kuat maka potensi kerugian bisa diminimalisir,” jelasnya.

Pengembang ikan mas keramba di sungai Cirompang, Iwan berharap pemerintah melalui dinas terkait bisa melirik cara budidaya ikan yang dilakukan oleh pihaknya. Lirikan tersebut tentunya bukan hanya sebatas melirik tetapi mendorong dengan cara memberikan bantuan berupa bibit ikan sehingga budidaya ikan keramba yang dikembangkannya bisa berjalan dengan baik.

“Mudah-mudahan ada program dari pemerintah, entah bantuan bibit, pakan atau yang lainnya agar kami juga bisa mengembangkan ikan mas ini, karena secara ekonomi budidaya ikan mas menjanjikan minimalnya bisa untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga,”tambahnya.

Iwan tidak menampik jika para pengelola budidaya ikan mas di sungai Cirompang sering kali merasa khawatir, budidaya ikan mas kerambanya terbawa air sungai yang kerap kali meluap saat musim penghujan tiba. Menurutnya, jika sungai Cirompang meluap tidak sedikit keramba yang berisi ikan mas terbawa air.

“Ya kalau hujan khawatir hanyut, saat musim penghujan yang lalu satu keramba ikan hanyut terbawa banjir, padahal ikannya sudah diatas tiga sampai empat kiloan,”pungkasnya. (drw)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Berpotensi, Bumdes Terus Kembangkan Wisata Kuliner Ikan Asap Probolinggo

18 May 2022 - 21:29 WIB

Kota Batu Raih Gelar Terbaik III Duta Aksi Dalam Rakerda HIPMI Jatim 2022

18 May 2022 - 08:26 WIB

HIPMI Optimis, UMKM di Jatim Tahun Depan Tembus Pasar Ekspor

16 May 2022 - 13:35 WIB

DEFEND ID Tebar 3000 Paket Sembako kepada Warga Bandung dan Subang

27 April 2022 - 13:04 WIB

Holding BUMN Industri Pertahanan (Indhan) DEFEND ID saat menyalurkan 3000 paket sembako kepada warga masyarakat di Kota Bandung dan Subang

Libatkan Senayan City, Biznet Gelar Sentra Vaksinasi Booster Gratis

17 March 2022 - 20:32 WIB

Kerjasama BUM Desa Dan Investor Dipermudah Dengan Gandeng BKPM

14 March 2022 - 18:30 WIB

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal saat MOU
Trending di Berita