Menu

Mode Gelap

Berita · 12 Feb 2022 22:56 WIB

Kreatifitas Warga Klaten, Manfaatkan Aliran Sungai Untuk Ternak Ikan Gabus


 Windarto, warga Klaten yang memanfaatkan aliran sungai untuk budidaya ikan gabus (istimewa) Perbesar

Windarto, warga Klaten yang memanfaatkan aliran sungai untuk budidaya ikan gabus (istimewa)

HALONIAGA.COM, Klaten – Prospek ikan gabus rupanya begitu meyakinkan di pasaran. Selain menjadi banyak incaran, ikan gabus dikenal mudah dalam perawatan dan bermanfaat untuk kesehatan.

Kondisi itulah yang kemudian ditangkap dan digunakan oleh Windarto, warga lereng Gunung Merapi, di Desa Sapen, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten. Usaha budidaya ikan gabus dilakukan dengan memanfaatkan aliran air sungai yang berada di belakang rumahnya.

Di masa pandemi Covid-19 ini, usaha budidaya ikan gabus yang baru dirintis beberapa bulan itu cukup membantu mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga. Bahkan pria 45 tahun ini, begitu optimis melihat prospek yang meyakinkan.

Ia memilih ikan gabus untuk budidaya karena usaha ini memiliki peluang yang cukup menjanjikan, terlebih permintaan di pasaran cukup tinggi.

“Potensi ikan gabus begitu besar apalagi kondisi pasar yang tinggi akan permintaan. Atas hal itulah kemudian kita berusaha untuk menyediakan pasokan ikan gabus,”jelas Windarto, Sabtu, (12/02/2022).

Menurutnya, tingginya permintaan pasar ini karena ikan gabus memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebagai ikan konsumsi, ikan ini kaya akan gizi dibandingkan dengan ikan jenis lain.

“Ikan gabus ini banyak yang mengetahui tentang manfaatnya untuk kesehatan. Utamanya untuk pengobatan pasca operasi dan juga untuk pengobatan yang lain,” ujarnya.

Windarto menjelaskan, saat ini pihaknya menjual hasil panen ikan gabus ke wilayah Yogyakarta. Untuk harga bibit sekitar Rp 700 – Rp 1000/ ekor. Sedangkan usia dewasa dan siap konsumsi harganya Rp 65.000/kilogram. (drw)

Artikel ini telah dibaca 116 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Berpotensi, Bumdes Terus Kembangkan Wisata Kuliner Ikan Asap Probolinggo

18 May 2022 - 21:29 WIB

Kota Batu Raih Gelar Terbaik III Duta Aksi Dalam Rakerda HIPMI Jatim 2022

18 May 2022 - 08:26 WIB

HIPMI Optimis, UMKM di Jatim Tahun Depan Tembus Pasar Ekspor

16 May 2022 - 13:35 WIB

DEFEND ID Tebar 3000 Paket Sembako kepada Warga Bandung dan Subang

27 April 2022 - 13:04 WIB

Holding BUMN Industri Pertahanan (Indhan) DEFEND ID saat menyalurkan 3000 paket sembako kepada warga masyarakat di Kota Bandung dan Subang

Libatkan Senayan City, Biznet Gelar Sentra Vaksinasi Booster Gratis

17 March 2022 - 20:32 WIB

Kerjasama BUM Desa Dan Investor Dipermudah Dengan Gandeng BKPM

14 March 2022 - 18:30 WIB

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal saat MOU
Trending di Berita