Menu

Mode Gelap

Berita · 12 Feb 2022 18:31 WIB

KUPS Taruna Mandiri Siap Panen Madu Kelulut


 KUPS Taruna Mandiri Siap Panen Madu Kelulut Perbesar

HALONIAGA, Pulang Pisau – Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Taruna Mandiri Budidaya Lebah Madu Kelulut, Desa Tanjung Taruna, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, saat ini sedang mempersiapkan panen madu.

Untuk panen saat ini belum bisa dilakukan secara menyeluruh. Dari 31 kotak lebah madu, hanya 10 kotak yang siap dilakukan pemanenan. Akibat banjir dan memasuki musim penghujan, sehingga memperlambat hasil proses panen.

“Disini ada 31 kotak lebah Kelulut, cuman untuk sekarang ini cuma 10 yang bisa dilakukan panen madunya. Apalagi sudah masuk musih hujan, jadi lebahnya sulit untuk cari makan,” ucap Juni Ranan Baut, selaku Pengurus KUPS Madu Taruna Mandiri.

 

Dia mengatakan, akibat musim banjir yang sempat melanda dibeberapa wilayah. Banyak mengakibatkan beberapa kotak lebah madu Kelulut juga ada yang tenggelam, dan itu yang memperlambat proses perkembangan lebah untuk menghasilkan madu.

“Ada 2 kotak yang hancur, jadi koloninya juga ikut mati. Sempat dipindahkan juga, tapi seharusnya mindahinnya malam, karena kondisi banjir kita terpaksa mindahinnya siang hari. Itu yang buat rusak sarangnya,” ucapnya.

Dia mengharapkan, semoga panen kali ini bisa berhasil, meskipun hanya 10 kotak yang sudah siap. Dan kedepannya KUPS Madu Taruna Mandiri, ingin mengajak orang lansia disekitar dipekerjakan membuat kemasan madu yang terbuat dari purun, tutupnya. (Rief)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Berpotensi, Bumdes Terus Kembangkan Wisata Kuliner Ikan Asap Probolinggo

18 May 2022 - 21:29 WIB

Kota Batu Raih Gelar Terbaik III Duta Aksi Dalam Rakerda HIPMI Jatim 2022

18 May 2022 - 08:26 WIB

HIPMI Optimis, UMKM di Jatim Tahun Depan Tembus Pasar Ekspor

16 May 2022 - 13:35 WIB

DEFEND ID Tebar 3000 Paket Sembako kepada Warga Bandung dan Subang

27 April 2022 - 13:04 WIB

Holding BUMN Industri Pertahanan (Indhan) DEFEND ID saat menyalurkan 3000 paket sembako kepada warga masyarakat di Kota Bandung dan Subang

Libatkan Senayan City, Biznet Gelar Sentra Vaksinasi Booster Gratis

17 March 2022 - 20:32 WIB

Kerjasama BUM Desa Dan Investor Dipermudah Dengan Gandeng BKPM

14 March 2022 - 18:30 WIB

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal saat MOU
Trending di Berita