fbpx

Menu

Mode Gelap

Berita · 3 Feb 2022 10:42 WIB ·

Manfaatkan Lahan Sempit, Ibu Asal Malang ini Budidaya Madu Klanceng


 Zuli Kristanti, saat menunjukkan produk madu klanceng nya di tengah lahan rumahnya yang sempit Perbesar

Zuli Kristanti, saat menunjukkan produk madu klanceng nya di tengah lahan rumahnya yang sempit

HALONIAGA, Malang – Dengan memanfaatkan lahan sempit di atas rumah, seorang ibu rumah tangga bernama Zuli Kristanti yang tinggal di jalan Ikan Piranha atas selatan Kota Malang ini berhasil membudidayakan lebah madu klanceng atau dalam bahasa latinnya Trigona Laeviceps.

Tanti sapaan akrabnya mengatakan jika awalnya ia ingin membudidayakan lebah madu klanceng dikarenakan ingin merasakan sekaligus mendapatkan madu murni dari koloni lebah, apalagi budidaya lebah madu bisa dilakukan di lahan sempit di tengah perkotaan. Akhirnya dengan kesukaan dirinya menanam bunga serta tanaman lainnya ia kemudian memberanikan diri untuk membudidayakan madu klanceng.

“Awalnya saya ingin merasakan bagaimana menghasilkan madu murni, apalagi saya suka menanam tanaman seperti bunga, lombok dan tanaman lainnya. Dari situ ada simbiosis mutualisme yakni lebah bisa tetap produktif menghasilkan madu. Dan di rumah tengah kota seperti ini bisa menggunakan lebah trigona ini atau saya bisa menyebutnya lebah metropolitan ya karena tidak menyengat apalagi membahayakan warga sekitar,”kata yulia Kristanti peternak madu lebah Klanceng, Sabtu (22/01/22)

Melalui bambu-bambu yang dipotong dengan ukuran tertentu inilah, lebah madu ‘metropolitan’ menghasilkan madu klanceng yang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit diabetes, asam urat, jantung, darah tinggi, selain itu juga mampu menguatkan daya tahan tubuh.

Kalau madu klanceng itu khasisatnya untuk menyembuhkan penyakit dalam seperti asam urat, jantung, darah tinggi, diabetes sekaligus juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh,”kata Tanti.

Peternakan lebah madu yang dibudidayakan oleh ibu satu anak ini biasanya panen dua bulan sekali jika musim bunga tiba, namun jika musim penghujan seperti ini masa panen lebah madu bisa lebih lama dari biasanya.

Artikel ini telah dibaca 42 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Lagi, Bank Jateng Luncurkan Kredit Murah untuk UMKM dan Pedagang Tanpa Agunan

13 September 2022 - 12:50 WIB

Potensi Besar, Budidaya Rumput Laut Kabupaten Lingga Dimaksimalkan Pokdakan

8 September 2022 - 15:58 WIB

Pemkab Kediri Siapkan Subsidi Rp 100 M bagi Warga Terdampak Kenaikan Harga BBM

6 September 2022 - 10:01 WIB

Semen Indonesia (SMGR) Raih Laba Rp 829 Miliar Semester I/2022

6 September 2022 - 07:43 WIB

Bukan Kaleng-kaleng, Segini Total Kekayaan Jusuf Hamka, Crazy Rich Jalan Tol

3 September 2022 - 12:14 WIB

Dongkrak Wisata Jepara, HIPMI Lakukan Audensi dengan Pj. Bupati

2 September 2022 - 16:26 WIB

Trending di Berita