Menu

Mode Gelap

Inspirasi · 5 Feb 2022 14:42 WIB

Mengenal Nurul Atik, Bos ‘Rocket Chicken’ yang Dulu Ternyata Seorang Office Boy


 Nurul Atik, bos ayam goreng Rocket Chicken yang dulunya merupakan seorang office boy Perbesar

Nurul Atik, bos ayam goreng Rocket Chicken yang dulunya merupakan seorang office boy

HALONIAGA, Jakarta – Ketika mendengar ayam goreng ‘Rocket Chicken’ tentu semua tak akan asing. Siapa sangka, pemilik restoran yang sudah punya 1000 outlet ini, dulunya merupakan seorang office boy (OB).

Ialah Nurul Atik, yang punya prinsip gigih dan mencintai pekerjaannya. Prinsip itulah yang mampu mengantarkannya menjadi bos besar bisnis ayam goreng.

Rocket Chicken adalah salah satu restoran ayam goreng yang menjadi primadona di Jawa Tengah dan DIY. Bisnis Atik, sapaan akrab pria ini, berkembang pesat sejak 2010.

“Sekarang kita sudah punya 1.000 outlet, dan akan nambah, fokus di Jawa Barat dan mungkin ke Sulawesi,” ujar Atik dalam tayangan YouTube Cinta Quran TV, Sabtu (28/1/2022).

Bahkan, siapa sangka, saat ini Atik menjadi seorang pengusaha ayam goreng kenamaan beromset Rp1,2 triliun pada 2018, dengan margin 15%.

Kesuksesan yang ia raih, tentunya tidak instan. Jika sebagian orang terlahir dengan beragam hak istimewa, Atik harus mengejar mimpinya dari titik paling rendah, bahkan harus menelan makian dan cacian.

“Saya lulus SMA nganggur 2 tahun. Dapat kerja jadi OB (office boy) di restoran ayam goreng. Saya bahkan sempat diinjek-injek, dibilang ‘kok kerja pakai topi, kan di ruangan AC emang panas?’,” ujarnya.

rocket chicken

Meski begitu, restoran tempat kerja Atik memiliki jenjang karir terbuka, dimana semua karyawan bisa menjadi atasan jika memang memiliki kapabilitas. Di situlah Atik membuktikan kemampuannya.

Di restoran tersebut, Atik berhasil menduduki jabatan hingga mencapai Area Manager. Tak ingin stagnan, dirinya mencoba bisnis franchise ayam goreng dan menjual gorengan di pinggir jalan.

“Sampai akhirnya saya memutuskan untuk keluar, dan saya berpikir mendirikan Rocket Chicken. Diikuti 9 tim saya, kita buka outlet pertama tahun 2010,” katanya.

Dengan penuh perjuangan, Atik dan timnya membangun bisnis ayam goreng ini. Mulai dari outlet di Jawa Tengah, merambah ke Yogyakarta, lalu ke berbagai provinsi di Jawa. Kini, Rocket Chicken memiliki karyawan 10.000 orang yang tersebar di seluruh outletnya.

“Dan kami rencana mau merambah ke Jawa Barat dan Sulawesi, lalu Aceh, bahkan Papua,”tambahnya.

Di tengah pandemi COVID-19, bukan berarti tidak berdampak bagi usahanya. Namun berkat manajemen dan kerja sama tim yang baik, dirinya tidak melakukan pengurangan karyawan atau pemotongan gaji.

“Bahkan saat pandemi yang lamar kerja juga banyak di kita, kita posisinya juga banyak,” katanya.

Ia begitu yakin, resep rahasia kesuksesan ini berasal dari prinsipnya yang tak pernah berubah, yaitu mengutamakan kesejahteraan karyawan. Dirinya mengakui, dulu dia tidak memperhatikan karyawannya dengan baik. (drw)

Artikel ini telah dibaca 68 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Genjot Sektor UMKM, Pusat Oleh-oleh di Probolinggo Kembali Dibuka

12 March 2022 - 18:13 WIB

Pusat oleh-oleh 'Bolinggo', di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur akan kembali beroperasi

Perluas Pasar, Petani dan UMKM Kopi Banyuwangi Bertemu 150 Buyer

9 March 2022 - 16:46 WIB

kopi bwi

Bertemu Ganjar Pranowo, Dubes Singapura Bahas Investasi

9 March 2022 - 16:43 WIB

ganjar

Kupat Tahu Pak Wardiman, Kuliner Legenda di Yogyakarta yang Dikelola Sejak Tahun 1990

9 March 2022 - 16:41 WIB

kupat

Potensi Besar, Pemkab Gresik Terus Promosikan Tanaman Hias Karangandong

6 March 2022 - 11:40 WIB

karangandong

Inovasi Perempuan Tuban, Pare Dijadikan Kripik hingga Produknya Dikenal Masyarakat

5 March 2022 - 18:52 WIB

kripik
Trending di Berita