Menu

Mode Gelap

Berita · 28 Feb 2022 08:33 WIB

Pebisnis Indonesia Berjuluk ‘Raja Minyak’, Arifin Panigoro Meninggal Dunia


 Pebisnis Indonesia, Arifin Panigoro dalam sebuah acara
Perbesar

Pebisnis Indonesia, Arifin Panigoro dalam sebuah acara

HALONIAGA.COM, Jakarta – Pebisnis Indonesia, Arifin Panigoro atau yang biasa dijuluki raja minyak kini meninggal dunia. Pendiri Grup Medco itu, meninggal di usia 76 tahun.

Arifin Panigoro wafat ada usia 76 tahun. Dia meninggal pada  Minggu, 27 Februari 2022, pukul 02.29 PM waktu Rochester Minneapolis, Amerika Serikat atau Senin, 28 Februari pukul 03.29 AM WIB.

Pebisnis asal Gorontalo ini, juga mendapatkan julukan sebagai Raja Minyak Indonesia. Arifin Panigoro merupakan pendiri dari perusahaan tambang minyak dan gas bumi, Medco Energi.

Pria kelahiran 1945 silam itu, juga menjabat sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Dalam kancah politik, Arifin juga pernah menjabat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

Namun jauh sebelum kegemilangan karir di kancah bisnis dan politik, Arifin memulai kesuksesan dari kontraktor instalasi listrik dari pintu ke pintu rumah.

Selanjutnya, Arifin memulai proyek pemasangan pipa secara kecil-kecilan. Medco kemudian dikenal saat memulai usaha pengeboran minyak tahun 1981 yang salah satu modalnya dari bantuan pemerintah.

Salah satu tonggak sejarah Medco ialah ketika melakukan pembelian Stanvac yang dimenangkan melalui tender yang kemudian namanya diubah menjadi Expan. Dengan pembelian itu, PT Stanvac tidak lagi dikuasai orang asing sebab perusahaan minyak tertua di Indonesia itu sudah dimiliki sepenuhnya oleh Medco.

Arifin Panigoro juga pernah bergabung dengan partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri, PDI Perjuangan.

Pada saat ini, dia ikut bergabung dalam mendirikan partai baru yang bernama Partai Demokrasi Pembaruan bersama dengan sejumlah tokoh.

Tokoh-tokoh tersebut adalah Sophan Sophiaan, Laksamana Sukardi, Roy B.B. Janis, Sukowaluyo Mintorahardjo, Noviantika Nasution, Didi Supriyanto, Tjiandra Wijaya, Postdam Hutasoit, dan RO Tambunan.

Tidak hanya itu, Arifin Panigoro juga diketahui berada di urutan ke-47 sebagai orang terkaya Indonesia versi Forbes. Bahkan, ia juga merupakan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). (drw)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Berpotensi, Bumdes Terus Kembangkan Wisata Kuliner Ikan Asap Probolinggo

18 May 2022 - 21:29 WIB

Kota Batu Raih Gelar Terbaik III Duta Aksi Dalam Rakerda HIPMI Jatim 2022

18 May 2022 - 08:26 WIB

HIPMI Optimis, UMKM di Jatim Tahun Depan Tembus Pasar Ekspor

16 May 2022 - 13:35 WIB

DEFEND ID Tebar 3000 Paket Sembako kepada Warga Bandung dan Subang

27 April 2022 - 13:04 WIB

Holding BUMN Industri Pertahanan (Indhan) DEFEND ID saat menyalurkan 3000 paket sembako kepada warga masyarakat di Kota Bandung dan Subang

Libatkan Senayan City, Biznet Gelar Sentra Vaksinasi Booster Gratis

17 March 2022 - 20:32 WIB

Kerjasama BUM Desa Dan Investor Dipermudah Dengan Gandeng BKPM

14 March 2022 - 18:30 WIB

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal saat MOU
Trending di Berita