Menu

Mode Gelap

Inspirasi · 15 Feb 2022 10:22 WIB

Pelanusa: Dari Kelompok PKK Menuju Nusantara


 Endahing Noor Suryanti, Inisiator Pelanusa Perbesar

Endahing Noor Suryanti, Inisiator Pelanusa

HALONIAGA.COM, Malang – Berawal pada tahun 2012, Pelangi Nusantara (Pelanusa)kini sudah menjelma komunitas dengan skala nasional. Tercatat sudah 21 kelompok berada di bawah binaan komunitas yang berawal dari Malang ini.

Merunut sejarah, Pelanusa dimulai ketika seorang Endahing Noor Suryanti memberi pelatihan menjahit kepada ibu – ibu PKK di sekitar rumahnya.

Hal ini dilakukannya secara berkala di beberapa tempat hingga berlangsung secara rutin. Dengan semakin banyaknya peserta pelatihan yang mayoritas adalah ibu rumah tangga, Bu Yanti, sapaan akrab inisiator Pelanusa ini juga menyadari bahwa hasil kreasi para peserta dapat memiliki nilai ekonomis dan membantu perekonomian keluarganya.

Hingga pada akhirnya, Bu Yanti berinisiatif membuat wadah bagi mereka. Maka terbentuklah komunitas Pelangi Nusantara atau yang lebih dikenal Pelanusa. Dengan peserta yang rata – rata merupakan ibu rumah tangga berusia muda, maka seiringlah niatan baiknya dengan potensi yang dimiliki komunitas ini.

Dengan potensi yang besar, Pelanusa kini telah berkembang hingga memiliki tim kreatif, koperasi, credit house, kegiatan pelatihan yang terstruktur dan kelompok binaan yang berjalan termonitoring.

Tak meninggalkan asal usulnya, pelatihan juga terus berlangsung hingga hari ini. Biasanya berlangsung di Jalan Wijaya Barat, Singosari, Kabupaten Malang.

Dari hasil pelatihan ini diperoleh produk beragam mulai dari home decoration hingga accessories (dompet, tas, dan lainnya).

“Bisa konsisten melakukan usaha ini selama hampir 6 tahun karena ini merupakan passion saya. Karena kalau bekerja berdasarkan passion sama saja seperti melakukan hobi dan dibayar,” ucap Bu Yanti seperti dikutip Haloniaga dari Indiekraf Selasa, (15/02/2022).

Komunitas ini sendiri saat ini sedang direplikasi oleh MKKM dan teman-teman yang lain dan juga sedang membidik pasar oleh-oleh Kota Malang. (sam)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Genjot Sektor UMKM, Pusat Oleh-oleh di Probolinggo Kembali Dibuka

12 March 2022 - 18:13 WIB

Pusat oleh-oleh 'Bolinggo', di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur akan kembali beroperasi

Perluas Pasar, Petani dan UMKM Kopi Banyuwangi Bertemu 150 Buyer

9 March 2022 - 16:46 WIB

kopi bwi

Bertemu Ganjar Pranowo, Dubes Singapura Bahas Investasi

9 March 2022 - 16:43 WIB

ganjar

Kupat Tahu Pak Wardiman, Kuliner Legenda di Yogyakarta yang Dikelola Sejak Tahun 1990

9 March 2022 - 16:41 WIB

kupat

Potensi Besar, Pemkab Gresik Terus Promosikan Tanaman Hias Karangandong

6 March 2022 - 11:40 WIB

karangandong

Inovasi Perempuan Tuban, Pare Dijadikan Kripik hingga Produknya Dikenal Masyarakat

5 March 2022 - 18:52 WIB

kripik
Trending di Berita