Menu

Mode Gelap

Berita · 3 Feb 2022 21:18 WIB

Pertagas Sukses Uji Coba Penyaluran Minyak Perdana Blok Rokan


 Pertagas Sukses Uji Coba Penyaluran Minyak Perdana Blok Rokan Perbesar

HALONIAGA, JAKARTA- Sebagai Subholding Gas Pertamina, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sukses melakukan uji coba penyaluran minyak pertama (first oil in) Blok Rokan dari Duri Cruse CGS10 ke Stasiun Meter Dunai, Kamis (03/02/2022).

Keberhasilan uji coba itu, dirangkai dalam seremoni yang dihadiri Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Utara, Direktur Infrastruktur dan Teknologi Subholding Gas PT PGN Tbk, Direktur Utama Pertagas, Direktur Pengembangan dan Produksi PT Pertamina Hulu Energi (PHE), Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), dan Direktur Keuangan PT Rukun Raharja Tbk (Raja).

Uji coba penyaluran perdana dilakukan sejak tanggal 27 Januari 2022 di Duri Crude CGS10. Minyak tersebut telah sampai di Stasiun Meter Dumai Pertagas pada 31 Januari 2022. Sebanyak 18.781 barrel oil per day (BOPD) minyak dari PHR dialirkan dalam uji coba tersebut.

PT Pertamina Gas (Pertagas) selaku afiliasi Subholding Gas Pertamina melalui Kerja Sama Operasi (KSO) dengan PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) telah menyelesaikan Proyek Pipa Minyak Rokan.

Menurut Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtarsyah , pada bulan Desember 2021 Pertagas berhasil menyelesaikan seluruh pembangunan pipa minyak Rokan (mechanical completion pipeline) dengan total panjang pipa 342 Km dan 13 segmen pipa.

Pada Januari 2022, Pertagas melanjutkan pekerjaan proyek ke tahap selanjutnya yaitu fase commissioning dengan melakukan uji coba penyaluran minyak perdana di segmen CGS10 Duri ke Stasiun Meter Dumai.

Setelah uji coba pengaliran di segmen CGS10 Duri hingga ke Stasiun Meter Dumai, selanjutnya Pertagas akan melaksanakan comissioning kedua di Segmen Duri CGS 1, CGS 3 dan CGS 5.

“Semoga tahap selanjutnya terus berjalan lancar tanpa kendala yang berarti, sehingga bisa mengangkut minyak sesuai target awal mencapai 265.000 barel per hari,”kata Achmad, melalui keterangan resmi yang diterima HALONIAGA.COM.

Pipa minyak Rokan melintasi lima kabupaten/kota dan 38 desa di Riau. Pipa minyak Rokan itu terbagi ke dalam dua bagian yakni jalur utara yang menghubungkan koridor Balam-Bangko-Dumai, serta jalur selatan yang menghubungkan koridor Minas-Duri-Dumai.

“Alhamdulillah, penyaluran minyak pertama di pipa minyak Rokan telah terlaksana dengan lancar. Ini akan menjadi milestone baru bagi Pertagas dan Subholding Gas PGN dalam upaya mendukung kinerja Blok Rokan,” ujar Direktur Utama Pertagas Wiko Migantoro sebagai lead dari KSO Pertagas dan Raja.

Proyek pipa minyak Rokan digarap konsorsium PT PGAS Solution dan PT Patra Drilling Contractor (KPP). Hingga Desember 2021, proyek pipa minyak Rokan telah menyerap 2.625 tenaga kerja yang mana 74 persennya merupakan tenaga kerja lokal.

Proyek ini berhasil mencatatkan 4.045.342 jam kerja aman, tanpa kecelakaan hingga proyek selesai pada Januari 2022. Capaian ini diraih atas tingginya kesadaran penerapan aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) seluruh karyawan di lingkungan proyek.

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Berpotensi, Bumdes Terus Kembangkan Wisata Kuliner Ikan Asap Probolinggo

18 May 2022 - 21:29 WIB

Kota Batu Raih Gelar Terbaik III Duta Aksi Dalam Rakerda HIPMI Jatim 2022

18 May 2022 - 08:26 WIB

HIPMI Optimis, UMKM di Jatim Tahun Depan Tembus Pasar Ekspor

16 May 2022 - 13:35 WIB

DEFEND ID Tebar 3000 Paket Sembako kepada Warga Bandung dan Subang

27 April 2022 - 13:04 WIB

Holding BUMN Industri Pertahanan (Indhan) DEFEND ID saat menyalurkan 3000 paket sembako kepada warga masyarakat di Kota Bandung dan Subang

Libatkan Senayan City, Biznet Gelar Sentra Vaksinasi Booster Gratis

17 March 2022 - 20:32 WIB

Kerjasama BUM Desa Dan Investor Dipermudah Dengan Gandeng BKPM

14 March 2022 - 18:30 WIB

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal saat MOU
Trending di Berita