fbpx

Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 13 Aug 2022 12:51 WIB ·

Resmi Disahkan, Provinsi Jatim Punya Perda Desa Wisata


 Resmi Disahkan, Provinsi Jatim Punya Perda Desa Wisata Perbesar

HALONIAGA.COM , Surabaya – Pemerintah Provinsi Jawa Timur, kini punyai Perda Desa Wisata. Perda tentang Desa Wisata di Jatim tersebut, resmi disahkan Jumat (12/8/2022) dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jawa Timur.

Daniel Rohi Anggota Komisi B DPRD Jawa Timur mengatakan, dengan pengesahan ini keterbatasan dana untuk pengelolaan desa wisata bisa segera teratasi. Sebab, Perda diperlukan sebagai payung hukum agar desa wisata bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah. Selama ini Pemprov Jatim hanya memfasilitasi berupa bantuan promosi lokasi serta pembinaan sumber daya manusia (SDM).

“Tugas pemerintah itu kan ada dua, fasilitasi dan intervensi. Fasilitasi bisa berupa memberi pendanaan lewat APBD atau pengembangan SDM, serta melakukan promosi-promosi pariwisata. Sedangkan pemerintah kalau mengeluarkan bantuan harus ada payung hukum,” kata Daniel Rohi.

Selain terbatasnya dana, pengelolaan desa wisata juga terkendala status kepemilikan lahan. Berdasarkan data dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, lanjut Daniel, total ada sekitar 500 desa wisata di Jawa Timur. Lebih dari separuhnya, berada di kawasan lahan milik perhutani.

“Setelah ada Perda ini nanti ditindaklanjuti dengan Pergub sebagai petunjuk teknis. Selain dana, persoalan lain, mereka (desa wisata) ada di kawasan perhutani. Dengan adanya Perda, pemerintah mengajak mereka (perhutani) untuk memfasilitasi, bisa bekerja sama. Hutan itu kan milik perhutani, dari pada hutan tidak produktif, dimanfaatkan untuk desa wisata. Kita dorong agar ada kerja sama-kerja sama itu,” tambah Politisi PDI Perjuangan ini.

Selain itu, Perda tentang Desa Wisata menurutnya akan lebih memproteksi agar hasil pendapatan desa wisata bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar.

Artikel ini telah dibaca 335 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Festival Phinisi di Bulukumba Gaet 100 UMKM

15 September 2022 - 08:12 WIB

Atasi Inflasi, Airlangga Hartarto Sebut Punya 8 Cara

14 September 2022 - 21:03 WIB

Siap-siap ! Daya Listrik 450 VA Sepakat Untuk Dihapus

13 September 2022 - 12:47 WIB

Optimisme Perhutani Wujudkan Swasembada Gula

12 September 2022 - 21:59 WIB

BNI Raih 4 Penghargaan Alpha Southeast Asia

12 September 2022 - 21:53 WIB

Khofifah Goreng Onde-Onde Bo Liem , Kue Legendaris Mojokerto

12 September 2022 - 00:19 WIB

Trending di Ekonomi