Menu

Mode Gelap

Opini · 9 Feb 2022 16:11 WIB

Sejarah: Jurnalis Ternyata Berasal dari Gagasan Bisnis


 Sejarah: Jurnalis Ternyata Berasal dari Gagasan Bisnis Perbesar

HALONIAGA.COM, Malang – Berawal pada tahun 100 – 44 SM di zaman Romawi Kuno, pada pemerintahan kaisar Julius Caesar terdapat Acta Diurna (papan pengumuman) yang diyakini sebagai produk jurnalistik pertama di dunia.

Pada masa kepemimpinannya, Julius Caesar memerintahkan agar hasil sidang dan kegiatan para anggota senat setiap hari diumumkan pada Acta Diurna. Demikian pula berita tentang kejadian sehari-hari, peraturan-peraturan penting, serta apa yang perlu disampaikan dan diketahui rakyatnya.

Papan pengumuman itu ditempelkan atau dipasang di pusat kota yang disebut Forum Romanum (Stadion Romawi) untuk diketahui oleh publik.

Dan disinilah sisi bisnis mulai tercipta. Informasi yang terdapat pada Acta Diurna kemudian disebarluaskan oleh Diurnarii, yakni orang-orang yang bekerja membuat catatan tentang hasil rapat senat dari papan Acta Diurna.

Informasi itu disampaikan pada tuan tanah, hartawan dan orang – orang yang mau untuk menggunakan jasa para Diurnarii.

Hari ini kita mengenal jurnalistik, sebuah kata yang populer dan berasal dari kata diurnal dalam bahasa latin yang memiliki arti harian atau setiap hari. Lalu diadopsi dalam bahasa Prancis du jour dan bahasa Inggris journal yang berarti hari, catatan harian, atau laporan.

Dengan ini kita dapat melihat, bahwa lahirnya jurnalistik berasal dari aktivitas Diurnarii yang diminta para tuan tanah dan hartawan untuk mencatat informasi dari pemerintah Romawi yang dituliskan pada Acta Diurna, lalu menyampaikan kepada mereka.

Selamat Hari Pers Nasional

Ditulis oleh Hisyam Suratin

Artikel ini telah dibaca 71 kali

badge-check

Penulis