Menu

Mode Gelap

Berita · 26 Feb 2022 08:40 WIB

Simak, 5 Kota Ini Memiliki Jumlah Mal yang Banyak


 Salah satu mal di Surabaya (Sumber: Shutterstock)
Perbesar

Salah satu mal di Surabaya (Sumber: Shutterstock)

HALONIAGA.COM, Jakarta – Indonesia merupakan negara yang cukup terkenal dengan masyarakatnya yang konsumtif, sehingga memicu bertumbuhnya pusat perbelanjaan di beberapa wilayah.

Selain sebagai tempat untuk berbelanja, mal atau pusat perbelanjaan juga kerap dijadikan tempat refreshing, meeting, atau sekedar nongkrong. Nah, beberapa kota di Indonesia ini juga dikenal memiliki jumlah mal yang cukup banyak!

Berikut adalah 5 kota di Indonesia yang memiliki jumlah mal terbanyak.

Medan

Medan berada di Provinsi Sumatera Utara. Medan tidak kalah dengan kota besar lainnya. Di kota ini, terdapat 29 mal yang sudah berdiri. Nggak tanggung-tanggung, beberapa diantaranya merupakan mal megah kalangan menengah ke atas.

Makassar

Makassar tidak kalah dengan kota di Pulau Jawa, Makassar merupakan salah satu kota di luar Pulau Jawa yang memiliki jumlah mal terbanyak di Indonesia. Terdapat 22 mal berdiri megah di kota ini.

Bandung

Sejak dulu, Bandung memegang julukan Paris Van Java. Dalam artian, kota ini selalu menjadi trensetter dalam hal fashion sehingga banyak hal menarik masyarakat luar Bandung. Hal ini juga memicu banyaknya mal atau pusat perbelanjaan yang berdiri di sana.

Tercatat, ada sekitar 62 mal atau pusat perbelanjaan yang selalu ramai dikunjungi baik penduduk lokal maupun wisatawan dari kota lain.

Jakarta

Sebagai pusat ekonomi sekaligus ibukota Indonesia, tentunya semua orang berlomba menetap di Jakarta. Di Jakarta sendiri, terdapat sekitar 132 mal yang sudah berdiri sejauh ini. Mulai dari mal kalangan elit hingga menengah ke bawah, semua tersedia di Jakarta.

Surabaya

Surabaya terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan. Ini merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Surabaya dikenal sebagai pusat bisnis, industri, perdagangan, dan pendidikan di kawasan timur Pulau Jawa. Daya beli masyarakatnya yang tinggi membuat berjamurnya mal di kota ini. Tercatat, ada sekitar 42 mal di Surabaya.

Salah satu mal di Surabaya (Sumber: Shutterstock)

Jumlah tersebut, seiring waktu akan diprediksi akan bertambah jumlahnya. Mengingat, kondisi ekonomi yang terus menujukan tren positif di tengah pandemi Covid-19.

Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja menyampaikan, membaiknya tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan sudah mulai terlihat sejak Agustus 2021 ketika pemerintah mulai memberikan beberapa pelonggaran. Tingkat kunjungan naik secara bertahap, meskipun kenaikannya lambat.

Sebelumnya di 2020, tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan rata-rata hanya 50% dibandingkan kondisi normal sebelum pandemi. Kemudian di 2021, angkanya merangkak naik hingga mencapai 60%. Di 2022 sendiri, APPBI menargetkan tingkat kunjungan bisa mencapai 70% hingga 80% dari kondisi sebelum pandemi. (drw)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Berpotensi, Bumdes Terus Kembangkan Wisata Kuliner Ikan Asap Probolinggo

18 May 2022 - 21:29 WIB

Kota Batu Raih Gelar Terbaik III Duta Aksi Dalam Rakerda HIPMI Jatim 2022

18 May 2022 - 08:26 WIB

HIPMI Optimis, UMKM di Jatim Tahun Depan Tembus Pasar Ekspor

16 May 2022 - 13:35 WIB

DEFEND ID Tebar 3000 Paket Sembako kepada Warga Bandung dan Subang

27 April 2022 - 13:04 WIB

Holding BUMN Industri Pertahanan (Indhan) DEFEND ID saat menyalurkan 3000 paket sembako kepada warga masyarakat di Kota Bandung dan Subang

Libatkan Senayan City, Biznet Gelar Sentra Vaksinasi Booster Gratis

17 March 2022 - 20:32 WIB

Kerjasama BUM Desa Dan Investor Dipermudah Dengan Gandeng BKPM

14 March 2022 - 18:30 WIB

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal saat MOU
Trending di Berita