fbpx

Menu

Mode Gelap

Berita · 4 Aug 2022 19:47 WIB ·

Terpilih Ketua Kadin Kabupaten Kediri, David Bakal Kembangkan Potensi Daerah


 David Tompo Wahyudi, Ketua Kadin Kabupaten Kediri Perbesar

David Tompo Wahyudi, Ketua Kadin Kabupaten Kediri

HALONIAGA.COM , Kediri – Setelah melalui  musyawarah dan mufakat bersama, akhirnya David Tompo Wahyudi terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Kediri periode (sisa) 2010-2024.

David dinilai cukup mumpuni untuk mimpin Kadin Kabupaten Kediri kedepan karena komitmennya cukup besar dalam peningkatan ekonomi daerah serta penguatan organisasi Kadin Kabupaten Kediri.

Dalam sambutannya saat penutupan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) Kadin Kabupaten Kediri, Kamis (4/8/2022), Davis mengungkapkan bahwa pihaknya akan secara konsisten melakukan penguatan dalam kepengurusannya.

“Pertama, kita kuatkan kepengurusan Kadin Kabupaten Kediri. Kita bentukan Tim Formatur yang dipilih dengan jernih agar nantinya kepengurusan yang terpilih tidak mementingkan diri sendiri tetapi harus mementingkan organisasi Kadin dan kemajuan ekonomi daerah, utamanya dalam pengembangan UMKM dan potensi lain yang ada di kabupaten Kediri,” ujar David.

Menurut pengakuannya, potensi UMKM yang ada di kabupaten Kediri memang cukup besar. Data  Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPMPPTSP) Kabupaten Kediri menunjukan ada tujuh produk UMKM di Kabupaten Kediri memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut karena memiliki pasar yang menjanjikan.

Ke tujuh produk itu adalah batik, bordir, sepatu, kerajinan tangan, senapan angin, makanan dan minuman olahan, dan susu.

“UMKM harus dibina dengan sebaik mungkin, kalau bisa naik ke tingkat internasional dan bisa ekspor. Karena UMKM kabupaten Kediri ini sebenarnya sudah sangat luar biasa. Dan ini ditunjang dengan adanya Rumah Kurasi yang ada di kota Kediri sehingga tidak ada kesulitan,” katanya.

Beberapa produk UMKM yang sudah dikolaborasikan dengan Rumah Kurasi diantaranya adalah produk kopi Rosela dan beberapa jenis kripik yang banyak diminati luar negeri. “Kami akan bekerjasama semaksimal mungkin untuk membantu UMKM bisa maju,” tegasnya.

Terkait dengan pengembangan potensi agropolitan kabupaten Kediri, David menandaskan bahwa saat ini Kediri telah membentuk kawasan agropolitan untuk pengembangan beberapa jenis komoditas pertanian. Diantaranya adalah Kawasan Pakancubung yang meliputi  Pare, Kandangan, Puncu, dan Kepung dengan komoditas andalan yang dikembangkan adalah cabe.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Colabora Nite, Event Cafe yang Mengusung Ekonomi Kolaboratif dengan UMKM

13 August 2022 - 12:02 WIB

Sambut HUT RI, IM3 Hadirkan Paket Internet 100Gb

12 August 2022 - 10:46 WIB

Dongkrak Daya Saing, UMKM Kota Kediri Dibekali Pelatihan Fotografi

12 August 2022 - 07:52 WIB

Objek Wisata Alam Gunung Telomoyo Membuka “Pori-Pori” Ekonomi Warga

11 August 2022 - 15:50 WIB

Pengguna BRImo Meningkat , BRI Catatkan Fee-Based Income Rp724 miliar

11 August 2022 - 15:44 WIB

Percepatan Ekonomi, Pemkot Kediri Dukung Kediri Properti Expo 2022

10 August 2022 - 23:35 WIB

Trending di Ekonomi