Menu

Mode Gelap

Berita · 3 Feb 2022 21:22 WIB

Tiga Sektor Ini, Dinilai Erick Thohir Penting Menjadi Fokus CSR BUMN


 Tiga Sektor Ini, Dinilai Erick Thohir Penting Menjadi Fokus CSR BUMN Perbesar

HALONIAGA, JAKARTA-Menteri BUMN Erick Thohir menilai, tiga sektor menjadi perhatian penting untuk penyerapan Corporate Social Responsibility (CSR). Yakni, pendidikan, lingkungan hidup, serta pendampingan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Sebab, tiga hal tersebut berkaitan langsung dengan kehidupan atau realita masyarakat. Tiga sektor itu pula, dinilai langsung dirasakan dampaknya oleh masyarakat.

“Kenapa kita fokus di ketiga sektor ini? Tidak lain melihat situasi nyata di Indonesia. Dan juga bagaimana bisa berkontribusi yang berkesinambungan ke masyarakat,”jelas Erick Thohir, dalam konferensi pers, Kamis (3/2/2022).

Lanjut Erick, sektor pendidikan, BUMN akan berkontribusi melalui pemberian beasiswa kepada anak muda. Dalam skemanya, BUMN bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk memberikan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).

“Dengan program yang sudah ada yaitu LPDP, jadi kita kalau LPDP berapa ribu kita ikutan nanti supaya ini menjadi bagaimana kita menyiapkan generasi muda Indonesia kedepan yang bisa siap untuk perubahan,”tambahnya.

Sementara, untuk di sektor lingkungan hidup, lanjutnya, perusahaan pelat merah terus mengambil peran penting dalam menjaga dan mengelola kelestarian alam. Bahkan, BUMN akan mensinergikan antara lingkungan hidup, pendapatan masyarakat, dan juga perubahan iklim.

“Penanaman pohon misalnya, bukan sekedar penghijauan untuk oksigen dan juga pendapatan masyarakat, seperti yang sudah-sudah. Namun, penduduk bisa mendapatkan pendapatan dan pohon ini juga bisa hidup sepanjang tahun sehingga menghasilkan O2 yang bagus buat lingkungan,” ulasnya.

Terakhir tidak kalah pentingnya, lanjut Erick, ketika perusahaan-perusahaan BUMN mendorong bagaimana lebih banyak UMKM tercipta, pembiayaannya tercipta, tapi isu klasiknya UMKM kadang-kadang tertinggal, sehingga BUMN akan coba dampingi.

“Isu klasiknya kadang-kadang pendampingan terhadap perubahan yang terjadi di industri ekonomi ini UMKM kadang-kadang tertinggal, jadi kita akan dampingkan jadi intinya kita membangun sistem transformasi human capital,”tutupnya.

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

J99 Foundation Serahkan Bantuan Mobil Operasional untuk PMI Kabupaten Probolinggo

10 June 2022 - 21:36 WIB

Juragan 99 (J99) Foundation serahkan mobil operasional UDD untuk PMI Kabupaten Probolinggo

Berpotensi, Bumdes Terus Kembangkan Wisata Kuliner Ikan Asap Probolinggo

18 May 2022 - 21:29 WIB

Kota Batu Raih Gelar Terbaik III Duta Aksi Dalam Rakerda HIPMI Jatim 2022

18 May 2022 - 08:26 WIB

HIPMI Optimis, UMKM di Jatim Tahun Depan Tembus Pasar Ekspor

16 May 2022 - 13:35 WIB

Gandeng Kemenparekraf, Juragan 99 Berangkatkan 450 Peserta Mudik Gratis

30 April 2022 - 14:33 WIB

DEFEND ID Tebar 3000 Paket Sembako kepada Warga Bandung dan Subang

27 April 2022 - 13:04 WIB

Holding BUMN Industri Pertahanan (Indhan) DEFEND ID saat menyalurkan 3000 paket sembako kepada warga masyarakat di Kota Bandung dan Subang
Trending di Berita