Menu

Mode Gelap

Berita · 6 Feb 2022 19:21 WIB

Wagub Emil Optimis Ekonomi Kreatif Bangkitkan Ekonomi Jawa Timur


 Talkshow peringatan Hari Jadi Gerakan Ekonomi Nasional ke-3 di Gedung Kesenian Jakarta, sabtu (05/02/2022) yang dihadiri wagub Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak Perbesar

Talkshow peringatan Hari Jadi Gerakan Ekonomi Nasional ke-3 di Gedung Kesenian Jakarta, sabtu (05/02/2022) yang dihadiri wagub Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak

HALONIAGA.COM, Jakarta – Pemprov Jawa Timur melalui Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak menilai, sektor ekonomi kreatif (ekraf) mampu menyumbang 20 juta lapangan kerja di masa pandemi. Kondisi itulah yang menumbuhkan optimisme bahwa ekraf mampu menjadi tonggak penyokong ekonomi di Jatim.

Hal itu, disampaikan Wagub Jatim dalam talkshow peringatan Hari Jadi Gerakan Ekonomi Nasional ke-3 di Gedung Kesenian Jakarta pada Sabtu, (05/02/2022).

“Kita tentunya melihat bahwa Jawa Timur harus serius menggarap ekonomi kreatif, karena nilai tambah terbesar yang bisa menyediakan lapangan kerja adalah ekonomi kreatif,”ucap Mantan Bupati Trenggalek itu.

Emil menjelaskan, sektor ekraf mampu menjangkau berbagai sektor perekonomian. ” Ada sektor pariwisata, bahkan kebutuhan sehari-hari tak luput dari peluang ekonomi kreatif,”jelas Suami Arumi Bachsin ini.

Ekraf tersebut kata Emil, berpotensi maksimal jika berada di tangan generasi pemuda. dapat menjadi lokomotif ekonomi kreatif di Bumi Majapahit. Pasalnya, generasi muda kini banyak bersentuhan langsung dengan teknologi dan memahami seluk-beluk perkembangan industri kreatif.

“Di Jawa Timur, gerakan ini tidak hanya bertumpu pada pemerintah saja tetapi sebenarnya ada penggerak di tengah masyarakat yang benar-benar melakukan terobosan-terobosan, di antaranya pemuda,”ulasnya.

Berbagai terobosan mulai terlihat dengan adanya ekraf di bidang teknologi. Salah satunya menurut Emil, yang paling tampak kemajuan industri kreatif saat ini adalah perkembangan dalam digital art dan game.

Lantas ia mencontohkan, tren metaverse ataupun Non Fungible Tokens (NFT) yang kini sedang menjadi pembahasan. Generasi muda Jatim pun minj sudah akrab dengan hal itu melalui permainan game. Baik dengan membuat avatar di dalam game, hingga penggunaan virtual reality (VR).

Atas hal itu, Wagub Emil menegaskan bahwa Pemprov Jatim memfasilitasi potensi anak muda dengan program 100 titik kreatif yang rencananya akan dirintis di Jawa Timur.

“Fungsi pemerintah adalah memberi ruang, dikreasikan dengan program-program pemerintah yang ada, dalam waktu dekat ada program 100 titik kreatif yang mana beberapa titik kreatif ini akan dirintis di Jawa Timur,”ulas Emil.

Pihaknya juga menambahkan Pemprov Jatim terus menggenjot ekonomi kreatif dengan adanya Porekraf atau Portal Ekonomi Kreatif. Program ini bertitik tumpu pada penemuan produk kreatif, insan kreatif, dan peminat kreatif. (drw)

Artikel ini telah dibaca 25 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Berpotensi, Bumdes Terus Kembangkan Wisata Kuliner Ikan Asap Probolinggo

18 May 2022 - 21:29 WIB

Kota Batu Raih Gelar Terbaik III Duta Aksi Dalam Rakerda HIPMI Jatim 2022

18 May 2022 - 08:26 WIB

HIPMI Optimis, UMKM di Jatim Tahun Depan Tembus Pasar Ekspor

16 May 2022 - 13:35 WIB

DEFEND ID Tebar 3000 Paket Sembako kepada Warga Bandung dan Subang

27 April 2022 - 13:04 WIB

Holding BUMN Industri Pertahanan (Indhan) DEFEND ID saat menyalurkan 3000 paket sembako kepada warga masyarakat di Kota Bandung dan Subang

Libatkan Senayan City, Biznet Gelar Sentra Vaksinasi Booster Gratis

17 March 2022 - 20:32 WIB

Kerjasama BUM Desa Dan Investor Dipermudah Dengan Gandeng BKPM

14 March 2022 - 18:30 WIB

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal saat MOU
Trending di Berita